4 Latihan Mudah untuk Persiapan Melahirkan Secara Normal

Momen kelahiran buah hati adalah saat yang paling ditunggu-tunggu. Untuk menghadapi proses persalinan, Anda harus mempersiapkan segala hal. Persiapan melahirkan secara fisik adalah yang paling pokok agar semuanya berjalan lancar, terlebih persalinan normal yang membutuhkan banyak energi. Lakukan 4 latihan ini untuk melancarkan persalinan normal.

  1. Latihan Pernapasan

Pernapasan sangat dibutuhkan saat melakukan proses persalinan normal. Bahkan, saat timbulnya kontraksi, Anda sudah membutuhkan kontrol pernapasan yang baik agar bisa menahan rasa nyeri dan sakit yang ditimbulkan. Itulah mengapa latihan pernapasan sangat penting sebagai persiapan menghadapi persalinan normal.

Latihan pernapasan yang dilakukan secara rutin akan membentuk sistem pernapasan yang optimal. Anda bisa menarik nafas panjang dan dalam, sehingga kontrol nafas tersebut bisa memicu energi yang lebih besar saat melahirkan buah hati. Ketenangan juga bisa dihasilkan ketika Anda mampu mengontrol nafas saat terjadi kontraksi hingga saat persalinan nanti.

  • Latihan Memperkuat Otot Panggul dan Paha

Latihan fisik selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memperkuat otot panggul dan paha. Kedua bagian otot ini harus dijaga kekuatannya agar melancarkan proses persalinan. Latihan rutin untuk memperkuat otot panggul dan paha ini memperlancar bukaan untuk melahirkan.

Latihan ini bisa dilakukan dengan berjongkok, kemudian menggerakkan lutut dan paha secara perlahan. Hal ini akan membantu perubahan posisi bayi agar berada tepat di jalur lahir. Lakukan latihan ini setiap pagi hari selama 5-10 menit. Apabila kegiatan ini dilakukan secara terus menerus, proses kelahiran dapat dipastikan berjalan lancar dan lebih mudah.

  • Latihan Kegel

Langkah persiapan melahirkan selanjutnya adalah melalui latihan kegel. Latihan ini bertujuan untuk melatih otot area kewanitaan ketika mendekati persalinan. Kegiatan ini mampu melatih otot agar siap untuk melakukan persalinan normal dengan lancar sesuai harapan. Anda bisa mengontrol daerah kewanitaan ketika rutin melakukan latihan ini.

Cara melakukannya adalah dengan duduk, kemudian menarik otot area kewanitaan dengan menahannya selama beberapa detik. Ulangilah hal tersebut beberapa kali dalam sehari untuk hasil yang lebih optimal. Meski demikian, lakukanlah kegiatan ini dengan perlahan dan jangan terlalu sering agar tidak membahayakan janin.

  • Senam Punggung dan Kaki

Latihan terakhir yang bisa dilakukan oleh ibu hamil sebagai persiapan persalinan adalah senam punggung dan kaki. Olahraga ringan ini dapat membantu otot-otot punggung yang digunakan untuk menopang tubuh menjadi lentur dan kuat. Otot punggung lebih kuat dan tidak mudah lelah akan melancarkan persalinan dengan mendukung energi yang dikeluarkan.

Tak hanya otot punggung yang akan membuat Anda bisa menahan rasa nyeri dan sakit selama kontraksi sampai melahirkan. Kekuatan otot kaki juga sangat baik untuk menahan beban sampai melahirkan nanti. Dengan otot kaki yang kuat, Anda mampu sering berjalan dalam waktu cukup lama untuk memposisikan bayi agar kepalanya menghadap ke jalan lahir.

Berbagai jenis latihan tersebut dapat meningkatkan kekuatan dan kesehatan fisik Anda, sehingga mendukung kelancaran proses persalinan normal. Segala persiapan melahirkan tersebut bisa dilakukan secara rutin pada trimester ketiga yang sudah mendekati waktu melahirkan. Latihan fisik tersebut memungkinkan melahirkan normal dengan lebih mudah.