Rayakan Kemerdekaan Dengan Puisi Ibu Pertiwi

Momen kemerdekaan merupakan salah satu momen yang pas untuk membacakan puisi ibu pertiwi. Sejak Indonesia merdeka 74 tahun yag lalu berbagai rintangan telah dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Mulai dari banyaknya sekutu asing yang menyusup ke Indonesia hingga berbagai kudeta yang turut serta mewarnai kemerdekaan Indonesia yang 26 tahun lagi akan berumur seabad. Dengan banyaknya gangguan dan juga percobaan untuk menggulingkan kekuasaan Indonesia membuat rakyat Indonesia harus semakin pintar dan jeli dalam melakukan segala sesuatu. Jangan sampai Indonesia kembali dijajah oleh bangsa luar seperti seratus tahun yang lalu. Persatuan dan kesatuan tentu harus menjadi hal utama yang dijunjung tinggi oleh rakyat Indonesia.

Sebagai masyarakat Indonesia yang tidak turut berjuang mengorbankan jiwa raga dan juga harta , hal yang bisa kita lakukan adalah dengan cara mempertahankan kemerdekaan. Selain mempertahankan kemerdekaan, kita juga harus bisa mengisi kemerdekaan dengan segala  hal positif  yang akan membawa Indonesia pada sebuah kemajuan. Salah satu hal yang bisa kita lakukan saat tahun kelahiran bangsa Indonesia tersebut datang adalah dengan cara memperingati dan menanamkan jiwa nasionalisme pada diri kita sendiri. Menanamkan jiwa nasionalisme dapat dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari turut serta membangun negeri hingga hanya turut serta memeriahkan berbagai lomba yang diadakan setiap tahunnya.

Dalam tradisi masyarakat Indonesia tanggal 17 agustus adalah tanggal istimewa yang mana bangsa Indonesia ini lahir. Banyak orang memperingati dengan mengadakan berbagai lomba – lomba, salah satunya adalah lomba baca puisi perpisahan. Dengan berbagai tema seperti perjuangan, puisi ibu pertiwi hingga puisi bertema kemajuan dan keganasan masa penjajahan terdahulu.  Dengan banyaknya perlombaan membuat puisi ibu termasuk dalam salah satu hal yang sangat patut untuk diperlombakan. Ibu yang dimaksud bisa berupa ibu pertiwi atau ibu – ibu jaman dulu yang turut berjuang meraih kemerdekaan. Karena banyak pahlawan wanita yang juga menjadi korban dari keganasan para penjajah. Dengan semangat perjuangan maka membuat masyarakat akan menghargai jerih payah para pahlawan yang telah gugur.